Posted by : Unknown Jumat, 01 Mei 2015

PPSJ, Pusat Rehabilitasi Satwa yang Dilindungi.

Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (yang kemudian disingkat PPSJ) berada di daerah pinggiran Jogjakarta bagian barat, tepatnya di Dusun Paingan Desa Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta.
PPJS yang terletak dikawasan perbukitan yang sejuk, merupakan tempat pelestarian dan rehabilitasi satwa liar dan satwa langka hasil penyitaan pemerintah. Ungkap Ngaidi, seorang pegawai PPSJ.
Pada awal dibentuk, tempat ini dikelola oleh LSM mbak, hasil kerjasama Departemen Kehutanan dengan sebuah organisasi . Tambah beliau, dengan gaya bicara Jawa medoknya.
Seiring perkembangan waktu, PPSJ mengalami sedikit masalah. sekitar tahun 2008 PPSJ kesulitan dalam hal pendanaan, dan juga pengelola lama (warga setempat) mempunyai kesibukkan lain, tidak mampu lagi mengelola tempat ini sehingga berhenti. Lalu, pengelolaan diserahkan kepada Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) yang dipimpin Kanjeng Ratu pembayun (putri Sri Sultan). Tegas Ngaidi.
            Dengan bergantinya pengelola, berimbas pada bergantinya nama tempat ini. Yang kemudian diganti dengan Wildlife Rescue Center jogja.” Walau begitu masyarakat luas lebih mengenal tempat ini dengan nama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ).” Ujar Kasinem PKL disekitar PPJS.
            Ada ribuan satwa yang dipelihara oleh PPSJ, seperti Elang, Orangutan, ular, dan beberapa jenis satwa lainya. Satwa-satwa tersebut merupakan satwa milik pemerintah yang dilindungi untuk dititipkan dan dipelihara ke Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta. Satwa-satwa tersebut ditangani oleh tenaga terlatih dengan pengawasan seorang dokter hewan. dan dibantu beberapa pegawai terlatih yang ikut menjalankan kegiatan di PPSJ ini.
Menurut penjaga pintu masuk. “Adapun syarat untuk memasuki kawasan PPJS ini adalah saat berkunjung harus berombongan/kelompokan (minimal 5 orang).” Selain itu wisatawan yang berkunjung harus didampingi pemandu saat memasuki wilayah pemeliharaan dan rehabilitasi satwa. Tambah dia.
PPSJ dalam hal ini, Selain sebagai tempat pusat penyelamatan satwa langka, juga dijadikan sebagai salah satu objek pariwisata di daerah Yogyakarta. Tersedia pula tempat berkemah, outbond, dan penginapan untuk pengunjung yang ingin bermalam atau sekedar beristirahat. Pungkas Ngaidi.

----------Sri Rahayu F------



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

- Copyright © 2013 Ku Temukan Kau - Powered by Blogger - Original Template By Johanes Djogan - Design By Muh Syaifullah Mhfdz - Some Right Is Reserved -